Cara Flash Xiaomi Redmi Note 2 di PC Dengan Metode Fastboot

Cara Flash Xiaomi Redmi Note 2

Cara Flash Xiaomi Redmi Note 2 – Platform Android menjadi perangkat yang kini banyak digunakan oleh masyarakat luas, termasuk di Indonesia kita tercinta ini. Namun banyak kasus juga yang menimpa pengguna Android seperti kegagalan dalam sistem yang membuat ponsel tersebut menjadi blang dan tidak bisa diapa-apakan.

Kebanyakan penyebab semua itu terjadi ialah, karena terjadi kesalahan dalam melakukan Instalansi aplikasi. Kesalahan ini dapat menyebabkan ponsel Android sobat menjadi Bootloop atau yang lebih sederhananya adalah blang tidak dapat masuk kedalam sistem. Untuk gambarannya yang lebih mudahnya adalah seperti ponsel yang hanya menampilkan logo produk Hp.

Masalah seperti ini banyak membuat orang yang mengalaminya kelimpungan atau bingung cara untuk menanganinya. Apa lagi jika dalam keadaan yang tidak tepat, maka akan menambah rasa gelisah. Namun jika sobat sedang mengalaminya, mimin sarankan untuk selalu tenang, karena semua permasalahan pasti ada solusinya.

Dalam beberapa kasus, kejadian ini pernah dialami pengguna platform Android yaitu Xiaomi Redmi Note 2 yang mengalami Bootloop, Softbrick atau Hardbrick. Jika sudah seperti kebanyakan pengguna akan berfikiran untuk membawanya langsung ke konter untuk di service. Padahal jika ingin sobat juga dapat menanganinya sendiri terlebih dahulu.

Apakah bisa ditangani sendiri? Tentu bisa dong, yaitu dengan cara mem-flashingnya. Dan pada kesempatan kali ini, mimin akan membagikan informasi cara untuk dapat menangani permasalahan yang sedang sobat hadapi, yaitu dengan Cara Flash Xiaomi Redmi Note 2. Seperti apa cara flash ini, simak terus ulasanya sampai selesai ya sob.

Cara Flash Xiaomi Redmi Note 2 di PC/Laptop

Xiaomi merupakan ponsel brand asal Tiongkok yang saat ini sedang naik daun, khusus di Indonesia. Banyak pengguna lain yang beralih menggunakan ponsel Xiaomi. Dikarenakan harganya yang pas dikantong dan juga spesifikasi yang diberikan sangatlah garang. Karena itulah ponsel Xiaomi merupakan ponsel pilihan pada saat ini. Apa lagi buat kalian yang ingin murah namun spesifikasi tinggi.

Walau harga yang di tawarkan sangatlah miring, namun kualitas Xiaomi ini tidaklah main-main atau sekedar asal-asalan. Karena pada kenyataannya banyak orang yang suka dan puas dengan ponsel Xiaomi ini. Semua kepuasan itu dapat dirasakan oleh pengguna ponsel Xiaomi, oleh karena itu banyak pengguna lain yang beralih ke Xiaomi.

Meski demikian, kita juga tidak menyangkal bahwa terdapat beberapa kasus yang pernah penggunanya alami, yaitu pada Xiaomi Redmi Note 2 seperti kegagalan dalam sistem yang menyebabkan ponsel menjadi bootloop. Namun sobat jangan khawatir, karena sobat juga bisa menanganinya sendiri dengan cara seperti yang akan mimin bagikan pada ulasan kali ini.

Jadi sobat jangan terburu-buru membawanya ke Service Center untuk penangananya. Karena bisa saja biaya yang akan dikeluarkan tidaklah sedikit atau mahal. Untuk itu tidak ada salahnya jika sobat melakukan flashing sendiri terhadap ponsel sobat.

Namun untuk melakukan cara ini sobat memerlukan perangkat lainnya seperti Laptop ataupun PC sebagai pembantu. Tak hanya itu tetapi juga membutuhkan software pendukung yang harus kalian download.

  • Pada langkah yang pertama sobat terlebih dahulu download Mi PC Suite pada link ini https://pcsuite.mi.com/ setelah itu silahkan sobat install pada Laptop atau PC/Komputer.
  • Langkah berikutnya sobat download juga Mi Flash di link ini http://bigota.d.miui.com/tools/MiPhone20151028.exe dan install juga pada Laptop atau PC/Komputer sobat.
  • Dan untuk selanjutnya download kembali pendukung untuk melakukan flash yaitu ROM Fastboot Redmi Note 2 di link ini http://en.miui.com/a-234.html.

Ok langsung saja untuk caranya sobat dapat ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Jika semuanya sudah terinstall tool pendukungnya silahkan masuk lalu scroll kebawah dan pilih Redmi Note 2 Latest Lobal State Version Fastboot File Download.

2. Karena file diatas merupakan file .tgz, sobat harus melakukan ekstrak terlebih dahulu menggunakan Winrar ataupun dengan software lainnya.

3. Jika sudah di ekstrak, sobat akan dapat menemukan file dengan nama Hermes_images_V6.7.7.0.LHMCNCH_20150826.0000.7_5.0_CN.

4. Untuk dapat memudahkan dalam menemukan file tersebut, sobat dapat meng-ekstrak nya di Drive D:\ atau di Drive E:\.

5. Tahap berikutnya kita buka atau jalankan MiFlash.exe, biasanya akan tersimpan C\Program File\Xiaomi\Miphone.

6. Sekarang sobat pilih Browse dan cari lokasi ROM Fastboot Redmi Note 2 yang telah sobat ekstrak yaitu Hermes_images_V6.7.7.0.LHMCNCH_20150826.0000.7_5.0_cn.

Cara Flash Xiaomi Redmi Note 2

7. Jika sudah ketemu sobat pilih “images” lalu klik “OK”.

8. Pada menu Browse sobat klik tanda panah kebawah, kemudian pilih “Advanced”.

Cara Flash Xiaomi Redmi Note 2

9. Akan muncul sebuah menu Advanced. Pada bagian Fastboot Script sobat klik Browse dan cari file Hermes_images_V6.7.7.0.LHMCNCH_20150826.0000.7_5.0_cn lalu pilih flash_all.bat kemudian klik “OK”.

Cara Flash Xiaomi Redmi Note 2

Cara Flash Xiaomi Redmi Note 2

10. Cara ini dilakukan untuk memformat semua sistem Xiaomi dan juga termasuk data + file. Dan untuk setingan yang lainnya biarkan Default.

11. Sekarang sobat matikan (off) ponsel Xiaomi Redmi Note 2. Caranya sobat bisa langsung mencopot batterai, setelah itu pasang kembali.

12. Hidupkan ponsel dengan menekan tombol power dan tombol volume bawah secara bersamaan sampai ponsel menyala.

13. Sekarang ponsel Xiaomi sobat dalam mode FASTBOOT. Sambungkan ponsel ke komputer dengan kabel USB.

Cara Flash Xiaomi Redmi Note 2

14. Pada menu MiFlash akan terlihat jika ponsel sudah tersambung atau terdetek. Jika belum muncul sobat tinggal klik “Refresh” maka akan segera terdetek.

Cara Flash Xiaomi Redmi Note 2

15. Jika sudah terdetek sobat tinggal klik “Flash” dan flashing sedang dalam proses.

Cara Flash Xiaomi Redmi Note 2

Cara Flash Xiaomi Redmi Note 2

Sekarang sobat hanya tinggal menunggu sampai proses flashing selesai. Jika proses sudah selesai dan sukses, maka ponsel Xiaomi tersebut akan melakukan Restart dengan otomatis. Sekarang sobat tinggal mencabut kabel USB dari komputer, dan tunggu sampai ponsel menyala kembali.

Untuk dapat menyala dibutuhkan waktu yang mungkin akan sedikit lama, jadi sobat perlu menunggu dan juga bersabar karena ponsel Xiaomi tersebut sedang dalam proses pemulihan.

Mungkin cara ini agak sedikit ribet jika sobat baru melakukan flashing ponsel untuk pertama kalinya. Namun ini adalah cara terbaik jika sobat tidak ingin mengeluarkan biaya. Selama kita bisa melakukannya sendiri kenapa harus ke orang lainnya, dengan begitu kita akan lebih banyak belajar lagi. Bisa jadi kedepannya kita malah yang akan dibayar oleh orang yang membutuhkan.

Baca juga :

Tidak terasa bahwa kita sudah di penghujung artikel dalam pembahasan kali ini tentang Cara Flash Xiaomi Redmi Note 2. Semoga dengan apa yang sudah mimin bagikan kepada sobat semua, dapat bermanfaat dan menjadi ilmu baru bagi yang membacanya dan juga yang mempraktekannya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *