Cara Flash Oppo A3s Dengan QFIL dan SD Card Tanpa PC

cara flash oppo a3s

Cara Flash Oppo A3s Dengan QFIL dan SD Card Tanpa PC – Berbagai hal pernah pengguna ponsel alamai seperti lupa akan hal pola password yang sudah dibuat, sistem hp yang tiba-tiba berhenti, bahkan sampai hp mati total atau istilahnya biasa di sebut dengan Hardbrick sehingga tidak bisa digunakan sama sekali. Yah, kejadian-kejadian seperti itulah banyak orang rasakan.

Kerusakan memang tidak hanya menimpa pada ponsel yang sudah lama saja, akan tetapi ponsel yang barupun bisa mengalami kejadian seperti yang diatas. Dan untuk kali ini mimin akan membahas Cara Flash Oppo A3s. Jadi buat sobat para pengguna ponsel Oppo khususnya tipe A3s simak terus ulasan yang bakal mimin bagikan sampai selesai.

Oppo merupakan ponsel buatan asal negeri Tiongkok yang di Indonesia penggunanya sangatlah banyak, karena Oppo menawarkan kecanggihan serta spesifikasi yang gahar tidak tanggung-tanggung namun tetap dengan harga yang cukup terjangkau. Itulah mengapa banyak pengguna smartphone kepincut pada brand yang satu ini.

Permasalahan pada hp memang bisa terjadi kepada brand atau merk apa saja, termasuk juga yang dialami kepada pengguna merk Oppo tipe A3s. Untuk menangani hp yang tiba-tiba berhenti bekerja sampai mati total sobat simak ulasan lengkapnya dibawah ini sampai selesai, karena mimin akan memberikan tutorial cara flash Oppo A3s.

Cara Flash Oppo A3s

Sebelum melakukan tahap flashing mimin sarankan kepada sobat untuk terlebih dahulu membackup segala data yang penting supaya tidak ikut terhapus pada proses flashing berjalan, karena tahap flashing ini segala halnya akan tereset. Untuk itulah pentingnya menyimpan data sebelum flashing di mulai.

Selain membackup data penting sobat juga harus mempersiapkan bahan-bahan untuk melakukan flashing. Dan dibawah ini mimin telah menuliskan bahan yang perlu sobat sipakan untuk mendukung kelancaran dalam melakukan flashing.

Bahan Yang Diperlukan

Jika barang yang dibutuhkan semua sudah siap, maka kita bisa langsung memulai flashing Oppo A3s. Langsung saja simak dan perhatikan langkah-langkah dibawah ini.

Tutorial Flash Oppo A3s Dengan QFIL

  1. Yang pertama sobat download dan install file yang sudah disiapkan.
  2. Kemudian silahkan sobat ekstrak salah satu file stock ROM Firmware Oppo A3s yang sesuai dengan tipe.
  3. Langkah selanjutnya sobat buka software QFIL yang sudah di download dan di install.
  4. Pada tampilan utama aplikasi QFIL sobat pilih Flat Build pada menu bagian Select Build Type.

    Cara Flash Oppo A3s
    Sumber gambar : arahtekno.com
  5. Berikutnya pada bagian bawah pada menu Select Programmer sobat klik Browse dan cari file firmware Oppo A3s yang sudah kalian ekstrak barusan.
  6. Apabila sudah kalian tinggal pilih file prog_emmc_firehouse_89XX.mbn.

    Cara Flash Oppo A3s
    Sumber gambar : arahtekno.com
  7. Kebawah lagi dan sobat klik Load XML pada menu Download. Kemudian pilih rawprogram_unsparse.xml lalu sobat pilih lagi patch0.xml dan klik open atau OK.

    Cara Flash Oppo A3s
    Sumber gambar : arahtekno.com
  8. Sekarang sobat sambungkan Oppo A3s dalam keadaan mati menggunakan kabel USB ke komputer sobat sampai benar-benar terdeteksi.
  9. Jika hp Oppo A3s tersebut sudah terdeteksi, maka kita bisa memulai flashing dengan menekan Download.
  10. Saat ini hanya tinggal menunggu saja sampai proses flashing sukses dan berhasil.
  11. Akan muncul pemberitahuan Download Succesed, itu tandanya proses flashing sudah selesai.
  12. Lepaskan kabel USB yang teruhubung dan silahkan sobat coba ON atau nyalakan hp Oppo A3s.

Tutorial Flash Oppo A3s Dengan SD Card

Selain cara diatas flash hp Oppo A3s juga bisa dengan menggunakan SD card, cara ini sering digunakan pada saat hp Oppo terjadi masalah dan tidak mempunyai komputer untuk membetulkannya.

Namun untuk menunjang kebutuhan pada proses ini melakukan flash oppo A3s kalian harus menyediakan SD Card lebih dulu. Untuk kapasitas MicroSD yang digunakan minimal 4GB saja.

Apabila semuanya sudah siap silahkan ikuti tutorial cara flashing hp oppo A3s via SD Card berikut ini:

  1. Pertama silahka download aplikasi bernama firmware Oppo A3s OTA, kemudian anda simpan memorinya dan usahakan pada saat menginstall extensinya .zip
  2. Kemudian matikan ponsel Oppo A3s terlebih dahulu, dan simpan file firmware pada microSD
  3. Lalu masuk ke tampilan Oppo recovery dengan cara pencet tombol Volume Bawah + Power secara sama-sama sampai muncul logo Oppo
  4. Jika sudah akan keluar menu pilihan bahasa, klik saja English
  5. Apabila sudah berhasil masuk ke Oppo Recovery, silahkan anda klik menu opsi install from SD
  6. Kemudian klik OK agar lanjut ke proses flashing Oppo A3S tanpa PC ini
  7. Dan tunggu saja sampai proses flashing telah selesai, lalu akan keluar pesan Updating Successfully karena ini adalah ciri ciri bahwa flashing hp anda berhasil
  8. Kemudian klik Back untuk kembali ke bagian menu utama recovery, lalu silahkan Reboot hp Oppo A3S
  9. Selesai.

Selamat sekarang hp Oppo A3s sobat kini sudah selesai melakukan tahap flashing dan bisa kembali melakukan kegiatan seperti biasa. Dan jika sobat melakukannya step by step dan secara benar maka cara ini akan sukses dan berhasil.

Demikianlah cara Flashing Oppo A3s, bagaimana sobat cukup mudahkan. Sekarang sobat bisa mengirit pengeluaran, karena jika dibawa ko Service Center maka sobat akan memerlukan biaya yang cukup lumayan. Namun dengan tutotrial yang sudah mimin bagikan kini sobat bisa melakukan flashing sendiri dirumah tanpa harus memerluan biaya tambahan.

Baca juga :

Akhir Kata

Supaya lebih bermanfaat silahkan sobat share artikel ini supaya teman-teman yang lainnya bisa mengetahui cara flashing juga seperti sobat. Ok sob sekian dulu pemabahasan kali ini, selamat mencoba dan sampai berjumpa lagi pada artikel berikutnya.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *